‘UMKM akan Bawa RI Naik Kelas Menuju Indonesia Emas 2045’

Fahrenheitbot.my.id –

Jakarta – Menteri Peluang Usaha Pariwisata lalu Kondisi Keuangan Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno turut mengunjungi Awarding Night Pahlawan Digital UMKM 2023 yang mana dilakukan pada The Telkom Hub, DKI Jakarta Selatan, Selasa (19/12/2023). Dalam kesempatan itu, Sandiaga mengupayakan inisiatif kesepuluh inovator pada kegiatan Pahlawan Digital UMKM 2023, sekaligus berpesan agar ke depan mereka mampu berkolaborasi dengan berbagai pihak.

“Teman-teman 10 pahlawan digital ini telah dilakukan berhasil scale-up serta kita harus fasilitasi tambahan banyak lagi, akibat UMKM yang dimaksud akan menghadirkan bangsa naik kelas menuju Indonesia Emas 2045, ke depan juga mampu berkolaborasi dengan berbagai elemen pentahelix,” ujarnya.

Sandiaga juga berpesan agar para pelaku UMKM bukan berhenti melakukan pelatihan, pemasaran, serta permodalan, yang mana diyakininya menjadi kunci agar UMKM sanggup naik kelas.

“Apabila UMKM memiliki kemampuan untuk terdigitalisasi melalui Pahlawan Digital UMKM ini, akan tambahan banyak yang dimaksud naik kelas,” katanya.

Senada disampaikan Menteri Komunikasi lalu Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi. Dia menyatakan bahwa metamorfosis digital adalah keniscayaan yang dimaksud tidak ada mampu dihindarkan, termasuk bagi UMKM yang tersebut menjadi kekuatan perekonomian suatu negara.

“Kajian kita dengan ahli konsultasi ternama dunia menunjukkan bahwa sektor pertanian pada Amerika serta Belanda yang dimaksud menggunakan teknologi digital mampu meningkatkan produktivitas 30 persen. Ini adalah menunjukkan bahwa teknologi penting untuk meningkatkan produktivitas,” ujar Budi Arie.

Kementerian Koperasi serta UKM (KemenKopUKM) berkolaborasi bersatu Staf Khusus Presiden RI Putri Tanjung telah lama sukses mengatur Pahlawan Digital UMKM 2023. Dalam Awarding Night Pahlawan Digital UMKM yang tersebut diselenggarakan dalam The Telkom Hub, Ibukota Indonesia Selatan, Selasa (19/12/2023), lahir tiga pemenang, yaitu Chickin (juara 1), Jala (juara 2), lalu Elevarm (juara 3).

Ketiga start-up digital itu masing-masing mempunyai visi di memberdayakan UMKM pada sektor hulu, yakni Chickin sebagai perangkat lunak yang mana menyediakan sistem manajemen pertanian untuk mengupayakan petani berkegiatan pada ladang. Kemudian Jala yang mana membantu meningkatkan produktivitas petani udang melalui solusi end to end, dan juga Elevarm sebagai perusahaan agriteknologi yang digunakan berfokus pada sektor hulu melalui pemberdayaan petani.

Ketiganya terpilih menjadi yang mana terbaik dari 10 inovator muda digital lainnya pasca mengikuti rangkaian kegiatan pitching day. Adapun 10 inovator dengan startup-nya yang tersebut melakukan pitching adalah Broiler X, Dynamic Buzz, Henbuk, Moleps, Arconesia, Chickin, Antrique, Silang.id, Elevarm, lalu Jala.

Masing-masing juara berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp100 jt bagi juara satu, Rp75 jt untuk juara dua, dan juga juara tiga mendapatkan Rp50 juta.

Pahlawan Digital UMKM 2023 Awarding Night. (Dok. Kementerian Koperasi dan juga UKM)Foto: Kemeriahan acara Pahlawan Digital UMKM 2023 Awarding Night di dalam The Telkom Hub, DKI Jakarta Selatan, Selasa (19/12/2023). (Dok. Kementerian Koperasi serta UKM)


Artikel Selanjutnya Top! Sampoerna Bawa UMKM Binaan ke Wellness Food Japan 2023

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *