Hal ini adalah Bukti Nyata BRI Dorong UMKM Tembus Pasar Global

Fahrenheitbot.my.id –

Jakarta  – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI akan kembali menyelenggarakan ajang kurasi juga business matching produk-produk UMKM yakni UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR.

Lewat inisiatif pemberdayaan yang diadakan sejak 2019 ini, UMKM di dalam Indonesia semakin berpeluang masuk bursa internasional. Pasalnya, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR membuka akses UMKM dengan mempertemukan potensial buyer dari luar negeri.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan 168% jumlah total UMKM pendaftar BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tercatat 3.183 UMKM melakukan pendaftaran melalui website brilianpreneur.com .

Adapun pasca menjalani kurasiterpilih 500 pelaku UMKM yang dihadirkan pada showcase dalam acara BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023. Acara ini akan dilaksanakan pada Ibukota Convention Center (JCC) pada 7- 10 Desember 2023.

Melalui proses kurasi, Sunarso melanjutkan bahwa pelaku UMKM akan lebih tinggi percaya diri ketika bertemu dengan potensial buyer dari luar negeri. Selain itu, calon pembeli pun dapat tambahan tertarik dengan hasil yang dimaksud ditawarkan oleh sebab itu telah terjadi menyeberangi quality control yang terstandardisasi.

“Peran dari proses kurasi ini cukup besar, bahkan sangat besar untuk bagaimana menjadi quality control. Supaya barang-barang kita itu kompetitif, layak, juga laku di area luar negeri,” jelasnyadikutip Awal Minggu (4/12/2023).

Melalui BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, perseroan akan memfasilitasi kemudian memberikan akses pendanaan untuk pelaku UMKM yang mana membutuhkan modal untuk go global. BRI pun memberikan pendampingan sehingga pelaku UMKM dapat menjaga semangat entrepreneurship-nya.

Adapun pendampingan yang disebutkan meliputi edukasi terkait administrasi manajemen yang mana baikdanedukasi pelaku UMKM untuk memiliki akses ke pasar.Dalam hal ini pelaku UMKM menjamin kualitas produknya agar miliki akses ke pasar.

“Kemudian akses informasi. Dan yang tersebut berikutnya adalah kita mesti ajarkan untuk dia tentang bagaimana tata kelola berbisnis. Good corporate governance principle itu harus dijalankan,” lanjutnya.

Menurut Sunarso, salah satu yang tersebut terpenting di pemberdayaan dan juga pembinaan pelaku UMKM di BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR adalah edukasi konsep sustainability. Dalam konteks ini adalah sustainability usaha serta sustainability lingkungan.

Dalam kesempatan yang sama, Lead Kurator UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 Diana Nazir menjelaskan untuk lolos proses kurasi, setiap UMKM harus memiliki identitas yang dimaksud jelas. Kemudian, regu kurasi yang digunakan terdiri dari 9 kurator profesional dengan latar belakang berbeda akan mengecek kualitas komoditas UMKM dengan standar tinggi yang digunakan telah ditetapkan.

Diana pun mengatakan, di proses kurasi terus-menerus menemukan keunikan yang berbeda setiap tahunnya.

“Jadi,ini sangat luar biasa, lantaran berlapis-lapis proses kurasinya. Mudah-mudahan dalam ujungnya kita mendapatkan yang digunakan terbaik, dan juga mendapatkan kegiatan yang mana luar biasa,” ujarnya.

Sebagai gambaran, BRI terus memacu perkembangan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR untuk menghadirkan pelaku UMKM naik kelas. Pada 2019 hanya saja 7 negara yang terlibat dan pada 2020 menjadi 11 negara. Sedangkan pada 2021 melibatkan 14 negara dan pada 2022 sebanyak 20 negara. Adapun untuk tahun ini melibatkan 25 negara.

Nilai kontrak melalui business matching di dalam turnamen BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR pun terus naik. Pada 2019 hanya sekali US$33,5 juta dan pada 2020 menjadi US$57,5 juta.

Kemudian pada 2021 sebesar US$72,1 juta dan menjadi sangat menarik dikarenakan BRILIANPRENEUR diadakan secara virtual akibat pandemi Covid-19. Sedangkan pada 2022 lalu nilainya mencapai US$ 76,7 juta, dan di tahun 2023 BRI memiliki target sebesar US$ 80 juta.

Dalam UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, BRI meminta 700 UMKM terkurasi. Sebanyak 378 UMKM pada antaranya adalah pendaftar baru, 122 UMKM alumni UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, 6 UMKM binaan Korporasi Anak seperti Pegadaian, PNMdan BRI Ventures, 153 UMKM Local Heroes yang dimaksud telah lama menjadi market leader dengan harapan dapat memperluas impact bidang usaha juga terkoneksi untuk berkolaborasi terhadap UMKM lainnya. Kemudian 32 UMKM member Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI), 9 UMKM SMExcellence binaan Kementerian Koperasi & UKM. 

Terdapat lima kategori UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun ini yang dapat berpartisipasi yakni Home Decor & Craft, Food & Beverage, Accessories & Beauty, kemudian Fashion & Wastra, dan juga Healthcare/Wellness.

Artikel Selanjutnya Klaster Usaha Binaan BRI Ini adalah Berhasil Berdayakan Lansia

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *