Fahrenheitbot.my.id –
Jakarta – Upaya nyata pada menggalakkan pelaku UMKM terus ditunjukkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI). Salah satunya melalui keikutsertaan BRI di dalam “Bazar UMKM untuk Indonesia” di dalam Ruang Rubanah dan juga Ground Floor, Sarinah yang berlangsung pada 30 November hingga 3 Desember 2023.
Kegiatan bazar UMKM ini merupakan komitmen dan juga bentuk nyata dari Kementerian BUMN juga BUMN yang mana terlibat, di pemberdayaan UMKM pada seluruh Indonesia. Melibatkan total 218 UMKM, pada mana 136 pada antaranya adalah mitra binaan BRI.
Di samping itu, bazar ini juga menjadi sarana bagi UMKM di memperluas pasar, baik secara luring maupun daring melalui PaDi UMKM sehingga dapat memperluas jangkauan B2B (Business to Business).
Nantinya, Kementerian BUMN selaku pengurus rangkaian kegiatan Bazar UMKM Untuk Indonesia 2023 akan memberikan penghargaan 3 kategori, yaitu UMKM dengan Angka Transaksi Terbesar, UMKM Frekuensi Transaksi Tertinggi kemudian UMKM Terfavorit.
Kegiatan yang disebutkan juga menjadi bagian dari Rencana Bakti BUMN yang mana merupakan komitmen Kementerian BUMN terhadap pembangunan yang dimaksud berkelanjutan dengan memberikan kegunaan pada secara dunia usaha dan juga sosial. Pembangunan UMKM menjadi salah satu prioritas Bakti BUMN yang digunakan diwujudkan melalui turnamen “Bazar UMKM untuk Indonesia”.
Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengungkapkan, bahwa Bazar UMKM untuk Indonesia menjadi upaya bagi BUMN termasuk BRI pada memberikan kontribusi nyata terhadap warga Indonesia.
“Acara ini merupakan inisiatif untuk meningkatkan kapasitas serta kapabilitas UMKM sehingga dapat diciptakan bidang usaha yang dimaksud berkualitas,” tukasnya pada keterangan tertulis, Hari Jumat (1 Desember 2023).
Menurutnya, penting untuk memahami journey proses pemberdayaan pelaku UMKM. Pertama go modern, di tempat mana pelatihan juga pendampingan diadakan terkait proses menciptakan brand, branding, pengemasan, standarisasi produk, hingga manajemen bidang usaha juga akuntansi sederhana.
Kemudian go digital terkait digitalisasi dasar, aplikasi mobile digital hingga sosial media dasar. Proses ketiga adalah go online, yang dimaksud di prosesnya pelaku UMKM mendapatkan pelatihan lalu pendampingan terkait social media ads, marketplace, hingga pembuatan website serta konten digital. Terakhir adalah go global pada mana UMKM didorong siap ekspor.
Adapun selama melakukan eksplorasi ragam komoditas unggulan inovatif-kreatif karya UMKM dari berbagai daerah, para pengunjung yang mana telah lama mempunyai akun dalam padiumkm.id dapat memanfaatkan voucer belanja senilai dari Rp25.000 s.d Rp200.000 dan juga berkesempatan meraih kemenangan hadiah total senilai Rp200 juta.
Ragam hasil unggulan hadir pada di zonasi terdiri dari Layanan Kuliner, Kecantikan, Kriya kemudian Fesyen. Zona Kuliner menampilkan ragam pilihan item makanan lalu minuman pada kemasan mulai dari kue, cemilan, permen, keripik, asinan, kopi, coklat siomai, batagor hingga macam-macam sambal. Zona Kecantikan menampilkan item pilihan Bazar menampilkan ragam pilihan bodywash lalu shampoo, juga produk-produk personal care.
Zona Kriya menghadirkan ragam pilihan hasil tas, dompet,sabuk epidermis maupun anyaman, bros dan juga kalung, anting, kalung serta cincin dan juga pouch, tas serta tempat tisu batik. Sementara itu, Zona Fesyen menampilkan berbagai pilihan busana batik, tenun, fesyen ecoprint, hijab, kebaya, dan juga ragam barang alas kaki.
Bazar juga disemarakkan dengan penampilan spesial dari bintang tamu Tiara Andini, komika kodang Ridwan Remin serta hiburan music hidup Running Circle Band juga East Pablo Band. Paralel dengan kegiatan bazar juga diselenggarakan aneka Fun Games & Trivia Quiz, Demo Barang oleh UMKM, Workshop Cake Décor, Workshop Pembuatan Solid Perfume, Workshop Macrame serta Sosialisasi Kebudayaan, juga pembuatan Wayang Januroleh Museum Wayang.
Artikel Selanjutnya Klaster Usaha Binaan BRI Ini adalah Terwujud Berdayakan Lansia